Tips SEO Untuk Blog Baru Terlengkap 2013

Tips SEO Untuk Blog Baru Terlengkap 2013 - Assalamu Alaikum Sobat CS , setelah kemarin admin Berbagi "Cara Membuat Blog Di Blogspot.com" Nah Sekarang admin akan berbagi kembali Tips Dan Trik SEO Untuk Blogger Pemula.

Mungkin gak usah banyak celoteh kali ya :D , kita langsung saja dengan penjelasan di bawah ini:

  1. Tentukan Judul dan URL Blog yang Unik dan Singkat
    Setelah menentukan niche pada blog Sobat, sudah admin jelaskan pada artikel sebelumnya waktu membuat blog. Namun apa sulitnya di kaji kembali :D. usahakan judul dan url blog Sobat di buat secara unik dan singkat. Maksud dari 'unik' ini adalah membuat berbeda dari judul maupun url blog yang lain agar blog Sobat cepat terindex oleh Google. Selain itu, dari url dan blog yang unik ini memungkinkan Sobat untuk mendapatkan sitelink dari google dengan cepat. Sedangkan 'singkat' yang dimaksud adalah membuat url dan judul blog Sobat yang mudah diingat. Minimal 2-3 kata cukup lah. Oh ya sekedar catatan, mungkin untuk judul dan blog yang 'unik' admin maksud adalah untuk blog yang niche gado-gado. Jika Sobat ingin membuat niche khusus, minimal masukkan 1 kata kunci dalam url dan judul blog Sobat agar mempunyai nilai lebih pada hasil SERP blog Sobat nantinya. Hal ini karena bagi yang menembak keyword dengan niche yang spesifik tentu lebih mudah dan dimulai dari keyword on domain dan title tag. Namun jika blog dengan niche campuran Sobat bisa saja membuat keyword bentuk lain yang tidak perlu Sobat masukkan keyword khusus dalam url dan judul blog Sobat karena keyword yang Sobat tembak berbeda-beda, setidaknya url dan judul blog Sobat melambangkan apa yang akan dibahas pada blog Sobat tersebut.
  2. Biarkan Blog Anda Rehat Minimal 1 Minggu Setelah Dibuat
    Hal ini berlaku bagi Sobat yang ingin cepat menanamkan backlink cepat dalam blognya. Ya, maksudnya membiarkan rehat minimal selama 1 minggu adalah untuk menunggu blog Sobat crawl terlebih dahulu untuk segera diindex oleh mbah Google nantinya. Jika tidak begini mungkin jika Sobat langsung membuat artikel dan langsung menanamkan backlink pada artikel tersebut mungkin dikira Google blog Sobat merupakan blog spam yang secara tidak langsung dianggap 'boom link'. Dan jangan lupa untuk mengecek apakah blog sobat sudah ke index di google atau belum. Caranya Ketik"site:url blog Anda" tanpa tanda kutip, barulah Sobat membuat posting rutin setiap harinya dan Sobat tanam backlink sedikit demi sedikit secara rutin pula.

  3. Ping Blog dan Tanamkan Backlink Rutin Pada Postingan Anda Serta Submit Sitemap Blog Anda
    Setelah dua tips di atas telah Sobat lakukan, saatnya lah membuat postingan yang rutin secara original. Dalam artian tidak copy paste dan merupakan hasil karya Sobat sendiri. Karena saat ini google dalam algoritma nya EMD memperhatikan segala macam keyword dan artikel yang berkualitas. Sampai saat ini, untuk mengetahui artikel yang berkualitas itu bagaimana, admin hanya mengambil patokan dari quality guidelines. Lalu, Sobat ping Blog Sobat tiap kali punya posting dan tanamkan backlink pada postingan Sobat minimal satu hari setelah dipublish. Lho kenapa harus menunggu satu hari? Ya, kita kembali seperti poin nomor 2 tadi, yaitu menunggu index google terlebih dahulu sampai postingan benar-benar diindex. Yah walaupun terkadang untuk blog baru butuh hingga 3-5 hari baru diindex google postingannya, tapi gak ada salahnya menurut admin selama ini menanamkan backlink sedikit demi sedikit ke artikel blognya secara rutin, nanti makin banyak posting maka index semakin cepat kok.

  4. Review Blog Anda! (Guest Posts)
    Jika semua sudah terpenuhi, di tengah-tengah riset Sobat mencari dan menembak keyword, jangan lupa perhatikan homepage blog Sobat sebagai otak dari blog Sobat. Jangan pikir, banyak backlink pada postingan bisa cepat juga terindex google. Backlink pada homepage juga penting, bahkan yang utama sebelumnya sebelum mencari backlink lain. Admin pernah bertanya pada master Gentara Lukas pemilik gen22.net yang memang master pada setiap keyword abadi, beliau mengatakan backlink utama adalah backlink pada homepage, barulah kita mencari backlink pada postingan. Backlink adalah salah satu hal yang utama seperti yang admin bahas pada tips no 2.
  5. Jangan Memberikan Timbal Balik Link ke Blog Orang Lain
    Sebenarnya ini opsional, terserah mau Sobat beri atau tidak asal jangan berlebihan. Alasannya karena blog authority yang merupakan web-web besar seperti wikipedia dan google pada umumnya mempunyai hasil yang bagus di mata robot google dan dianggap mempunyai pengaruh yang besar. Dalam hal ini jika kita memberi link atau rujukan dalam postingan ke web besar seperti wikipedia tadi, maka tak apa karena artinya kita memberikan ilmu pengetahuan yang lebih lagi kepada pengunjung ke web-web besar yang kita beri rujukan link tadi.
  6. Gunakan Social Media sebagai Penunjang Untuk Promosi (SMO)
    Saat ini sosial media sering dikaitkan dengan SEO, khususnya pada twitter dan google plus. Saat kita menampilkan url blog kita pada socialmedia seperti twitter dan google plus tadi, maka google akan mempertimbangkan link kita sebagai link rujukan yang memang bermanfaat dan datang dari situs besar seperti twitter dan google plus itu tadi, sehingga hasil pencarian blog Sobat lebih bagus di mata google. Tidak hanya menggunakan profil social media sebagai penunjang seo Sobat, namun juga faktor share lainnya seperti tombol +1 yang banyak info mengatakan bahwa semakin banyak +1 dari pengunjung maka artikel Sobat semakin dianggap bermanfaat oleh Google, oleh karena itu social media juga berpengaruh pada seo Sobat.


    Selain optimasi seo pada blog Sobat, social media juga bisa Sobat gunakan untuk menarik pengunjung tetap dan membuat kredibilitas tentang diri Sobat . Misalnya dengan membuat fanspage, twitter fans, akun google plus dan akun socialmedia lainnya dengan mengatasnamakan identitas blog Sobat. Nah dari situ Sobat mulai berpromosi di social media dengan banyak melakukan share dan update status rutin mengenai perkembangan ataupun celotehan dari fanspage Sobat. Semakin banyak share, semakin banyak juga peluang yang Sobat miliki untuk memiliki pengunjung yang berlimpah. Selain itu, Sobat juga bisa menggunakan social media sebagai media untuk mempromosikan produk Sobat jika Sobat menjual sesuatu. Jadi, jangan pernah Sobat remehkan sosial media. :)
Gimana ? Panjang Namun , Semoga Berguna Untuk Sobat Sekalian :) Tetap Update Trik Tips SEO Selanjutnya di Blog CS ( Coretan SEO ). 

Postingan terkait:

8 Tanggapan untuk "Tips SEO Untuk Blog Baru Terlengkap 2013"